Pages

  • Image and video hosting by TinyPic
  • Image and video hosting by TinyPic
  • Image and video hosting by TinyPic
  • Image and video hosting by TinyPic

Sabtu, 24 September 2011

Cara Membuat Teks Area

        Apa itu teks area?....
        Teks Area adalah Tulisan atau Teks atau Artikel yang biasanya agak panjang atau banyak yang dimasukkan ke dalam kotak area.Dan biasanya di dalam kotak area tersebut berisi teks kode-kode HTML,gunanya agar pengunjung dapat meng-copy seluruh kode HTML dengan mudah. Nah dengan mmbaca ulasan saya tadi, maka dapat kita katakan bahwa Teks area adalah area atau tempat untuk menyimpan teks atau tulisan dengan membentuk area baru. .
Untuk membuat teks Area,silahkan anda copy paste kode di bawah ini

<p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="20"> Isi dengan tulisan apa saja disini,sehingga akan tampil di dalam kotak</textarea></p>

Keterangan :
- rows="6", menunjukan tinggi dari text area, jadi jika anda menginginkan text area yang tinggi maka silahkan ganti angka " 6 tadi dengan angka yang lebih tinggi nilainya.
- Cols="20", menunjukan lebar dari text area. Jika anda menginginkan text area yang lebar maka silahkan ganti angka " 20 " tadi dengan angka yang lebih tinggi nilainya.

contoh :



Teks Area dengan memakai Ctrl+A / Pilih semua ( teks diblok semua untuk di copy )

       Ada cara lain dalam membuat teks area selain cara di atas, yakni teks area dengan menggunakan tombol Pilih semua / Ctrl  All / Pilih All., dengan adanya tombol Pilih semua / Ctrl  All / Pilih All. ini akan memudahkan bagi para pengunjung untuk mengcopy seluruh teks ataupun kode-kode yang di berikan, karena dengan hanya sekali tekan saja pada tombol Pilih semua / Ctrl  All / Pilih All. tadi, maka seluruh text ataupun kode-kode yang ada di dalamnya akan di Blok biru dan tinggal di copy saja. Fasilitas ini sangat berguna tatkala teks ataupun kode-kode yang di berikan dalam jumlah yang sangat banyak dan ini akan mengurangi resiko tertinggalnya suatu teks ataupun kode-kode untuk di copy. Untuk membuat text area dengan menggunakan tombol : Pilih semua / Ctrl  All / Pilih All. ini,silahkan anda copy kode HTML di bawah ini  :

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Pilih Semua"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">silahkan anda tulis apa saja di sini sehingga</textarea></p></div></form>

Contoh :


Keterangan :
  • Elemen Tombol Pilih Semua
  1. <div align="center"> : kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right
  2. <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> : kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi anda jangan merubah tulisan ini
  3. Value="Pilih Semua" : kata Pilih Semua adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan.        
  • Elemen Teks Area
  1. <p align="center">.: ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika anda ingin text area anda berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right
  2. <text style="WIDTH: 300px"> : kata "WIDTH:300px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika anda ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, anda tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: "WIDTH:700px;"
  3. HEIGHT: 144px  : angka "144px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 144 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:160px.

      Contoh teks area yang memakai tombol "Pilih Semua" diatas, memuat skript untuk melindungi dari right click atau klik kanan  lalu copy dari para pengunjung. skript ini di pakai apabila anda tidak ingin tulisan-tulisan anda di copy paste oleh pengunjung. bagi yang berminat silahkan copy lalu pasang pada kode HTML anda antara kode <head> dan </head> .selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar